Penyebab Flek Hitam di Wajah

Penyebab Flek Hitam di Wajah
Penyebab Flek Hitam di Wajah (src:wolipop.com)
Wajah cantik dengan kulit halus dan mulus tanpa noda merupakan impian bagi setiap wanita. Berbagai macam perawatan dilakukan untuk menjaga agar wajah tampak bersinar dan berseri, namun sayangnya flek hitam masih saja muncul kembali.

"Salah satu tanda penuaan kulit adalah flek. Kondisi flek adalah berupa bercak-bercak kecoklatan yang timbul pada permukaan kulit akibat proses penuaan. Kondisi tersebut diperburuk oleh kondisi paparan sinar matahari," ujar Dr. Vinia Permata, SpKK, pada acara Wonderful Outing with Wardah di Green Forest Resort, Bandung baru-baru ini.

Walaupun telah melakukan berbagai macam perawatan, terkadang noda hitam yang ada diwajah masih sulit dipudarkan. Oleh karena itu, sebelum mengeluarkan banyak biaya untuk menghilangkan flek hitam diwajah, sebaiknya perlu diketahui penyebab timbulnya terlebih dahulu. Lalu apa saja yang menyebabkan bintik-bintik hitam diwajah? Ini dia !

1. Cahaya Ultraviolet
Penyebab utama terjadinya flek hitam yaitu Sinar matahari (cahaya ultraviolet). Bagi wanita yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan sebaiknya menggunakan sunblock untuk melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet.

"Sinar Ultraviolet merusak gugus sulfihidril di epidermis sehingga tidak bisa berikatan dengan ion Cu dari enzim tirosinase. Akibatnya tak ada yang menghambat proses pigmentasi sehingga membentuk pigmen-pigmen yang akan terjadinya flek," ungkap doker estetika yang berpraktek di Erha Clinic itu.

2. Hormon
Selain sinar ultraviolet, Hormon menjadi peran penting yang menyebabkan bintik hitam diwajah. Biasanya hormon estrogen, progesteron  dan MSH (Melanin Stimulating Hormone) .

"Bila pigmentasi akibat hormonal biasanya terjadi pada ibu hamil, biasanya terjadi pada trisemester ketiga, juga pada pemakai pil kontrasepsi," papar dr. Vinia.

3. Obat
Penyebab lainnya adalah obat-obatan yang kita konsumsi. Kurangi obat-obatan yang mengandung difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik, dan minosiklin karna akan menimbulkan flek hitam diwajah

4. Ras & Genetik
Yup, benar sekali. Flek hitam yang ada di wajah kita dikarenakan faktor keturunan. Sekitar 20 sampai 70 persen flek hitam di wajah timbul akibat faktor keluarga. Selain itu, faktor ras juga mempengaruhi timbulnya flek.

5. Kosmetika
Pengen cantik malah timbul bintik. Alih-alih pengen wajah cantik malah timbul flek hitam (bintik) yang diakibatkan kosmetik yang digunakan. Banyak sekali kosmetik yang bisa menimbulkan flek hitam di wajah, terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan fotosensitivitas.

"Fotosensitivitas adalah kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalnya kita memakai blush on, nah blush on-nya itu mengandung fotosensitivitas, sehingga daerah tersebut rentan sinar matahari, sehingga pipi timbul flek hitam".


thumbnail
Judul: Penyebab Flek Hitam di Wajah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tips :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz